Kamis, 14 Januari 2010

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMA FERDY FERRY PUTRA JAMBI
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X (Sepuluh)/1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.

Indikator :
• Menjelaskan karakteristik Biologi sebagai ilmu.
• Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
• Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain.
• Menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
• Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
• Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
• Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan
• Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat :
• Melalui diskusi tentang pengertian ilmu biologi siswa mampu menjelaskan karakteristik ilmu biologi dengan benar.
• Melalui diskusi tentang struktur ilmu pengetahuan siswa dapat menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari biologi dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan dengan benar.
• Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup

Materi Pembelajaran :
Ruang lingkup Biologi.
Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya. Biologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Biologi menentukan perkembangan teknologi.


Metoda ilmiah.
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.
Metode Pembelajaran : Metode : 1. Diskusi
2. Metode Ceramah plus Diskusi dan Pengamatan.
Model : 1. Jigsaw

2. PBI (Problem Based Introduction)
Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan 1 ( 1 jam pelajaran)
Pra pendahuluan :1. Membuka pelajaran dengan salam.
2. Guru mengontrol kelas dan mengabsen siswa – siswanya.
3. Guru menanyakan kabar siswa dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran

1. Kegiatan pendahuluan (20 menit)
Motivasi
Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang bisa di jumpai oleh siswa.
Apersepsi
Siswa diminta menjelaskan pengertian biologi dan mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk dan banda mati.
2. Kegiatan inti (50 menit)
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
• Guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok diskusi.
• Siswa melakukan pengamatan kegiatan yang berkaitan dengan biologi.
• Siswa berdiskusi tentang tentang karakteristik ilmu biologi di antara ilmu sain lainnya.
• Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
• Siswa mengidentifikasi berbagai ciri / sifat makhluk hidup yang dapat diamati.
• Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat diamati.
3. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri biologi dan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.

Sumber Belajar :
• Buku Kerja Biologi 1A, Tiga Serangkai
• Buku Sains Biologi SMA dan MA Kelas X, Tiga Serangkai, Bab 1.
• Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah.

Instrumen penilaian :
• Tes Uraian : Contoh
Sebutkan urut-urutan kajian biologi dari yang terkecil sampai yang terbesar ? skor (25)
• Tes Isian : Contoh
Cabang ilmu biologi yang mengkaji interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ...skor (25)
• Tes PG : Contoh
Ilmu biologi memiliki karakteristik yang berbeda dengan ilmu sains yang lain. Karakteristik ilmu biologi adalah ........................skor (25)
a. Unsur
b. molekul
c. gas
d. organisme
e. radiasi
Cabang biologi yang mepelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup adalah ...skor (25)
a. ekologi
b. taksonomi
c. biogeografi
d. biologi populasi
e. embriolog

Kunci jawaban
1. Uruta kajian biologi dari yang terkecil sampai yang terbesar adalah(sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer).
2. Adala Ekologi
3. Organisme
4. Taksonomi


Jambi,………………..2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,


NIP : NIP :







KRITIKAN RPP
• Alokasi waktu : pada RPP lama hanya disebutkan 1 jam pelajaran dan di RPP baru ditambahkan lamanya waktu 1 x 45 menit.
• Pada RPP lama indicator pertama dituliskan mendeskripsikan saya ganti dengan menjelaskan karena lebih kompeten yaitu menjelaskan karakteristik Biologi sebagai ilmu.
• Pada RPP lama indikator hanya terdiri dari 2 indikator dan menurut saya itu terlalu sedikit dan saya tambahkan beberapa indicator lagi yang menurut saya perlu untuk ditambahkan tetapi tidak menghilangkan indicator lama. Penambahan indicator baru tersebut disesuaikan dengan Kompetensi Dasar, indicator yang ditambahkan yaitu :
• Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
• Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain.
• Menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
• Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
• Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
• Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan
• Di RPP lama tujuan diletakkan di bawah kompetensi dasar tapi saya ganti di letakkan di bawah indicator karena beberapa RPP yang saya temukan bahwa tujuan di letakkan di bawah indicator.
• Pada RPP lama hanya terdapat satu tujuan dan menurut saya tidak kompeten kalau Tujuan itu hanya ada satu dan tujuan lama tidak dihalangkan. sehingga di RPP baru saya menambahkan beberapa Tujuan yaitu :
• Melalui diskusi tentang pengertian ilmu biologi siswa mampu menjelaskan karakteristik ilmu biologi dengan benar.
• Melalui diskusi tentang struktur ilmu pengetahuan siswa dapat menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari biologi dengan benar.
• Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan dengan benar.
• Pada RPP lama Materi Pembelajarannya hanya Pengertian Biologi sebagai ilmu dan Ciri-ciri makhluk hiduptetapi pada RPP baru saya ganti dengan Ruang Linkup Biologi karena ruang lingkup biologi sifatnya lebih luas dan mencakupi dari materi pembelajaran di RPP lama. Ruang lingkup biologi yang saya jabarkan adalah :
Ruang lingkup Biologi.
Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya. Biologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Biologi menentukan perkembangan teknologi.
• Di RPP baru pada Materi Pembelajaran, saya juga menambahkan Metode Ilmiah karena ilmu Biologi merupakan ilmu yang bersifat ilmiah ( dapat dipertanggung jawabkan ). Jadi hakikat Biologi sebagai ilmu berkaitan dengan Metode Ilmiah. Sehingga metode ilmiah yang saya jabarkan adalah :





Metoda ilmiah.
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.
• Metode Pembelajaran pada RPP lama yaitu Pengamatan dan Diskusi tapi pada RPP baru saya tambahkan Metode Ceramah karena di sini guru menerangkan pelajaran dengan ceramah.
• Metode Pembelajaran pada RPP lama tidak ada Model Pembelajaran dan pada RPP baru saya tambahkan Model Pembelajaran yaitu Jigsaw dan PBI. Berikut penjelasan dan langkah-langkah dalam penerapan / penggunaan Model yang saya gunakan :
Model Jigsaw
( ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SILESS, AND SNAPP, 1978 )
Langkah-langkah :
• Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
• Anggota dari tiap tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian / sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
• Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota hanya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
• Tiap tim ahli mempersentasikan hasil diskusi.
• Guru memberi evaluasi.
• Penutup.
• Model PBI ( Problem Based Introduction )
( Pembelajaran Berdasarkan Masalah )
langkah-langkah :
• Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana / alat pendukung yang dibutuhkan .memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
• Guru membantu siswa mendefenisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut ( menetapkan topik, tugas, jadwal, dll)
• Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
• Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai.
• Guru membantu siswa untuk melakukan evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

• Kegiatan Awal pada RPP lama tidak ada pra pendahuluan, motivasi dan apersepsi yang di terangkan secara individual sehingga membingungkan membedakan mana yang pra pendahuluan, mana yang motivasi dan mana yang apersepsi. Dan pada RPP baru saya menjabarkannya secara satu-satu.
• Pra pendahuluan yang saya gunakan adalah Pra pendahuluan :
1. Membuka pelajaran dengan salam.
2. Guru mengontrol kelas dan mengabsen siswa – siswanya.
3. Guru menanyakan kabar siswa dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
• Kegiatan Inti pada RPP lama hanya ada tiga poin,dan tidak ada penjabaran tentang pemberian dan pembentukan diskusi. Sehingga saya menambahkan beberapa Kegiatan Inti tanpa menghilangkan kegiatan inti pada RPP lama, antara lain :
Kegiatan inti (30 menit)
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
• Guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok diskusi.
• Siswa melakukan pengamatan kegiatan yang berkaitan dengan biologi.
• Siswa berdiskusi tentang tentang karakteristik ilmu biologi di antara ilmu sain lainnya.
• Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
• Siswa mengidentifikasi berbagai ciri / sifat makhluk hidup yang dapat diamati.
• Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat diamati.
• Pada Penilaian hanya ada uji kompetensi tertulis, tetapi tidak ada contoh soal dan skor penilaiannya dan kunci jawaban. Sehingga pada penilaian saya menambahkan menjadi ada uji tes uraian, isian, dan PG (pilihan ganda) beserta contoh, skor nilai, dan juga kunci jawabannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

penjahat baik hati Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon.